Minggu, 26 Agustus 2012

Tugas THR(tugas hari raya)


Hey ketemu lagi denganku… J
Hari ini aku ada tugas KWU(Kewirausahaan) kebetulan tugasnya itu membuat presentasi tentang seorang wirausaha yang bisa menjadi inspirasi kita. Nah…ini dia seorang wirausaha yang aku buat tugas KWU hehe. Langsung aja deh…
RIEZKA RAHMATIANA
JUSTMINE PISANG IJO
riska 2.jpg 
Riezka Rahmatiana (24) dan dua temannya, Erwin serta Angga, menyantap pisang ijo yang segar di sebuah rumah makan khas Sulawesi di Bandung.
Rasa pisang berbalut tepung hijau yang berpadu dengan vla nan manis, bubur sumsum, plus tambahan es batu itu, begitu menyegarkan mereka. Tiga sekawan berjiwa bisnis ini langsung punya ide untuk mengembangkan usaha pisang ijo tadi.
Bermodal nekat, mereka langsung membuka usaha pada Maret 2008 di kawasan Geger Kalong, Bandung dengan menggunakan etalase.
Harga sewa tempat Rp 300 ribu per bulan. Yang kemudian memberi nama usahanya Just Mine Pisang Ijo. Hari pertama, Riezka hanya membawa 25 porsi dengan harga Rp 5 ribu per porsi. “Cuma lima porsi yang laku. Hari berikutnya malah tidak ada yang beli sama sekali. Akhirnya, saya bagi-bagi ke pedagang lain di sekitar tempat jualan. Komentar mereka, rasanya tidak nyambung alias aneh,” kisahnya dibarengi derai tawa.
Belum putus asa, tiga sekawan ini gerak cepat memperbaiki kualitas sampai akhirnya menemukan rasa yang pas. Es pisang ijo yang rasanya sudah di “jalan yang benar” itu akhirnya menarik minat pembeli.
Tak puas dengan gerai di Geger Kalong, Riezka Cs membuka dua cabang lagi.
Selain rasa orisinal, mereka menambah dengan variasi rasa lain seperti durian, cokelat, vanilla, dan stroberi.
Dari hasil perbincangan dengan dua rekannya, Riezka sepakat mewaralabakan Just Mine. Mereka menawarkan dua paket, paket A sebesar Rp 15 juta dan paket B Rp 55 juta. Beda dua paket ini dari segi luas dan materi produk.
Kini mereka punya lebih dari 40 gerai yang tersebar di Bandung, Jakarta dan sekitarnya. “Sebenarnya banyak permintaan dari kota lain seperti Surabaya, bahkan luar Jawa tapi belum bisa dipenuhi. Sekarang, kami ingin mencari semacam agen atau master untuk kota-kota yang jauh itu. Ini, kan, jenis makanan basah yang mesti dimasak di lokasi setempat,” papar sulung dua bersaudara kelahiran Mataram, NTB ini.

Ini dia vla yang berhasil Riezka buat…




                     
                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar